Komik Jepang Terlaris di Dunia

Komik Jepang alias Manga memang sudah menjadi salah satu konsumsi masyarakat umum di dunia. Beberapa diantara komik jepang ternyata telah mencatat rekor yang cukup spektakuler dalam episodenya. Namun apakah panjang dari episodenya tersebut berpengaruh ke jumlah penjualan komik tersebut? Ternyata hal tersebut tidak berlaku. Membaca sebuah manga atau pun juga sebuah komik Jepang merupakan sebuah kegiatan seru untuk dapat mengisi waktu luang agar tidak terasa membosankan. Pilihan genre-nya pun juga sangat luas dan sangat beragam.

Komik Jepang Terlaris di Dunia

Meski hanya sebuah buku bacaan, nyatanya komik Jepang sendiri masih populer dan digemari oleh banyak orang hingga saat ini. Kepopuleran tersebut ternyata berhasil membuat beberapa komik Jepang menuai sebuah kesuksesan terbaik yang pernah ada. Pada pertengahan abad ke-20, Majalah manga dari Jepang yang terkenal mulai diterbitkan termasuk juga dengan Majalah Weekly Jump, dan lain-lain.

Manga sekarang ini telah menjadi jauh lebih populer ini di seluruh dunia, siapapun sekarang sudah dapat mengakses konten menghibur Jepang dengan cara yang sangat mudah. Manga populer dijual di berbagai negara dan juga di berbagai wilayah yang telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan kemudian diterbitkan secara digital, lewat e-book dan layanan manga online lainnya yang sudah menyebar ke seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa komik Jepang terlaris di dalam sejarah.

Detektif Conan

Salah satu dari komik jepang terlaris yang juga diminati oleh banyak pembaca di Indonesia adalah Detektif Conan. Manga yang hingga sekarang ini masih terus berlanjut, menceritakan tentang seorang detektif remaja yaitu Shinichi Kudo yang tidak mati ketika dirinya diracun.

Namun justru tubuhnya malah menyusut menjadi seukuran anak kecil. Sejak menjadi kecil, Shinichi Kudo kemudian mengubah namanya menjadi Conan Edogawa dan kemudian melanjutkan petualangannya bersama dengan sang kekasih, Ran Mouri dan ayahnya yang juga detektif, Kogoro Mouri. Manga karya Aoyama Gosho ini telah berhasil terjual lebih dari 140 juta eksemplar hampir di seluruh dunia. Jumlah tersebut tentunya masih terus bertambah lagi mengingat hingga pada saat ini tulisan ini dibuat, manga Detektif Conan ini masih berlanjut penerbitannya.

Kochikame

Memiliki judul lengkap yaitu Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo yang artinya “ Inilah Pos Polisi di Seberang Taman Kameari di Wilayah Katsushika” Komik Jepang yang merupakan karya dari Osama Akimoto ini telah berhasil diterbitkan selama hampir 40 tahun.

Muncul pertama kali di Weekly Shonen Jump yaitu pada September 1976, manga yang masih terbit dan telah memiliki lebih dari 190 edisi dan telah terjual lebih dari 155 juta eksemplar, sangat wajar karena komik ini sendiri memiliki rentang terbitnya yang sudah cukup panjang. Manga ini termasuk juga ke dalam daftar 3 manga terpanjang yang ada di dalam sejarah.

Kochikame sendiri merupakan sebuah komik yang bercerita tentang seorang polisi Kankichi “Ryo-san” Ryotsu dalam menjalani pekerjaannya sebagai seorang polisi lingkungan (koban) di bagian pusat kota Tokyo. Kochikame adalah komik bergenre komedi dan disebut-sebut cocok bagi semua umur, walau sesekali terdapat adegan yang memang tak senonoh di dalamnya.

Black Jack

Black Jack adalah salah satu dari karya masterpiece Osamu Tezuka, sang Bapak Komik Jepang, selain pencipta Astro Boy. Walau hanya terbit sebanyak 17 edisi saja, penjualan dari komik Black Jack ini telah berhasil mencapai 176 juta eksemplar dan hingga sekarang ini masih dibuat remakenya oleh mangaka lain.

Black Jack sendiri terbit selama kurun waktu 10 tahun sejak tahun 1973 hingga 1983, menceritakan tentang sebuah petualangan seorang dokter dalam menyelamatkan berbagai pasien-pasiennya. Selain manga, Black Jack juga telah dibuat ke dalam versi OVA, anime dan juga live action.

Golgo 13

Judul asli dari komik ini sendiri adalah Gorugo Satin, manga karya Takao Saito ini telah terbit selama kurang lebih hampir 50 tahun. Muncul pertama kali di dalam majalah Big Comic tahun 1968, kini komik jepang Golgo 13 sendiri telah memiliki lebih dari 170 edisi dan sudah terjual lebih dari 200 juta eksemplar. Golgo 13 juga telah diadaptasi ke dalam bentuk serial anime dan juga ke dalam sebuah film animasi maupun live-action.

Manga Golgo 13 menceritakan tentang petualangan dari seorang pembunuh profesional dalam menjalankan berbagai misi-misinya. Nama asli sang tokoh utama sendiri adalah Duke Togo (Dyuku Togo) dan nickname Golgo 13 sendiri terinspirasi dari sebuah tempat penyaliban Yesus, Golgota.

Naruto

Siapa yang sekarang ini tidak kenal dengan Naruto? Komik jepang tentang anak yang dijadikan tempat penyegelan rubah ekor sembilan ini telah terjual lebih dari 205 juta eksemplar dan tamat pada episode ke-72. Naruto adalah manga karya Masashi Kishimoto tentang dunia dari para ninja yang penuh intrik, kisah persahabatan dan juga penuh dengan dendam. Manga Naruto telah mendapat banyak sekali penghargaan baik nasional (Jepang) maupun juga internasional dan menjadi langganan dari 10 pencarian kata kunci artikel maupun juga gambar terpopuler yang ada di seluruh dunia.

Dragon Ball

Jauh sebelum Naruto ada dan eksis, generasi 80an pastinya sangat menggilai komik jepang yang satu ini. Dragon Ball sempat merajai penjualan manga dunia dan kemudian telah terjual lebih dari 230 juta eksemplar. Terbit selama tahun 1984 hingga tahun 1995, Dragon Ball hanya terbit sebanyak 42 edisi namun buah karya dari Akira Toriyama ini tak terkalahkan penjualannya selama bertahun-tahun hingga akhirnya disalip oleh peringkat pertama di dalam daftar komik jepang terlaris di dunia.

Manga Dragon Ball berlatar kisah dari Journey to The West namun dengan pengembangan yang unik dan futuristik. Bercerita tentang sebuah petualangan Son Goku dalam mengumpulkan bola naga berbintang ( Dragon Ball) yang dapat mengabulkan permintaan. Dalam misinya tersebut Goku bertemu dengan lawan-lawan tangguh seperti Pikoro (Piccolo), Bezita (Vegeta), Frieza (Frieza), Cell dan juga Majin Buu.

One Piece

Pada tahun 2014, manga One Piece sudah masuk ke dalam Guinness World Record sebagai “Komik dengan jumlah eksemplar cetak terbanyak di dunia, yang ditulis oleh satu orang” (the most copies published for the same comic book series by a single author). Saat mendapatkan penghargaan tersebut, komik jepang karya Eiichiro Oda tersebut telah berhasil terjual sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia. One Piece berhasil meninggalkan jauh para pesaing terdekatnya, yaitu Dragon Ball yang sebelumnya pernah menjadi urutan pertama sebagai komik dengan penjualan terbanyak di dunia selama bertahun-tahun.

One Piece bercerita tentang sebuah petualangan Monkey D. Luffy mengarungi lautan, mengumpulkan berbagai kru bajak laut pimpinannya sendiri, untuk mengejar harta terbesar dari bajak laut yang disebut dengan nama One Piece. Hingga tulisan ini dibuat, manga One Piece masih tetap berlanjut, dan akan bertahan lama di tingkat teratas komik jepang terlaris di dunia.

Demikian itulah beberapa komik Jepang terlaris di dunia. Komik Jepang tersebut merupakan komik yang memiliki jumlah penjualan terbanyak. Tidak dipungkiri bahwa komik masih menjadi hiburan yang digemari oleh banyak orang saat ini, walaupun perkembangan digital semakin pesat masih banyak orang yang gemar membaca komik Jepang.